vendredi 2 mars 2012

Sholat Jumat pertama

Toulon

Dari kantor pos saya harus tergopoh-gopoh untuk menuju masjid satu-satunya di daerah sini. Sebenarnya letaknya tidak jauh, namun karena saya sedikit lupa jalan ke sana menjadikan perjalanan saya agak lama. Bersama teman Malaysia saya berputar-putar hingga akhirnya menyerah dan bertanya kepada perempuan berjilbab yang sedang mengemasi barang dagangan. Setelah ber-merci dan ber-au revoir kepadanya, meluncurlah kami berdua ke masjid.

Benar, suasana di dalam sudah penuh sesak, sangat beda dengan waktu saya sholat dhuhur di sana yang hanya segelintir orang saya. Ruang sholat utama yang terletak di lantai dua sudah penuh hingga terpaksa saya duduk di lantai satu bersama jamaah lainnya. Sebelumnya kami mengambil wudhu di tempat yang bisa terlihat dari tempat saya duduk.

Banyak juga umat muslim di Toulon ini. Ruangan tempat saya duduk sudah dipenuhi oleh kira-kira 50 orang, begitu juga di lantai atas yang kira-kira bisa menampung 100 orang. Belum lagi yang nantinya sholat di koridor maupun di depan ruang wudhu. Tentunya tempat yang suci karena tidak ada tempat buang air kecil di masjid ini. Terlihat beberapa jamaah berwajah bule Perancis, walaupun wajah-wajah lainnya didominasi oleh wajah arab.

Khutbah hari itu dalam dua bahasa. Yang pertama dalam bahasa Arab sedangkan khutbah yang kedua dalam bahasa Perancis. Unik juga ya. Yang jelas saya tidak paham dua-duanya, saya hanya bisa menangkap sedikit-sedikit khutbah dalam bahasa Perancis, yang juga sempat saya rekam.


Alhamdulillah hari itu saya bisa menunaikan sholat Jumat, yang terakhir kalinya saya laksanakan di Jakarta sebelum keberangkatan saya ke Perancis. Tenang rasanya berada di rumah Allah, berkumpul bersama saudara seiman lainnya. Semoga ke depan saya bisa menemukan masjid di setiap pelabuhan tempat saya sandar.

Amin.

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire